Jumat, 25 September 2020

4 Jenis Kategori Pertandingan Pencak Silat Yang Wajib Diketahui Jika Anda Ingin Menempuh Jalur Prestasi

4 Jenis Kategori Pertandingan Pencak Silat Yang Wajib Diketahui Jika Anda Ingin Menempuh Jalur Prestasi

Mengenal Kategori Pertandingan Yang Ada di Pencak Silat

Pencak Silat adalah salah satu cabang olahraga, ilmu beladiri, dan seni tradisional yang berasal dari Indonesia dan telah diresmikan oleh UNESCO.

Bukan hanya di Indonesia, sekarang pencak silat sudah tersebar di seluruh penjuru dunia.

Dengan tehnik bela dirinya yang praktis, tidak sedikit orang tertarik untuk belajar pencak silat, karena memang simpel namun mematikan.

Seiring berkembang nya jaman, perkembangan pencak silat juga semakin pesat dan menjadi salah satu cabang olahraga bela diri yang banyak diminati apalagi dikalangan pelajar karena masih banyak peluang dalam menempuh pendidikan lewat jalur prestasi.

Ada 4 kategori pertandingan yang wajib diketahui jika anda ingin menempuh jalur prestasi, diantaranya :

  1. Tanding
  2. Tanding adalah mempertemukan 2 ( dua ) orang pesilat didalam satu gelanggang dari sudut yang berbeda dan tim yang berbeda dengan melakukan aksi serang bela yang tidak terencana. Seperti menangkis, memukul, menendang, mengelak, menjatuhkan, menggunakan tehnik dan taktik bertanding, ketahanan stamina, dan semangat juang, serta menggunakan kaidah dengan memanfaatkan kekayaan teknik dan jurus.

  3. Tunggal
  4. Tunggal adalah kategori yang menampilkan seorang pesilat dengan kemahirannya dalam memperagakan jurus baku tunggal secara benar, tepat dan mantap, penuh penjiwaan, dengan memperagakan jurus tangan kosong, golok, dan tongkat, serta tunduk terhadap ketentuan jurus tunggal tersebut.

  5. Ganda
  6. Ganda adalah kategori yang menampilkan 2 ( dua ) orang pesilat dari tim yang sama, memperagakan kemahiran tehnik dan jurus serang bela yang dimiliki. Disusun secara terencana, efektif, estetis, mantap, logis, dan teratur, dimulai dari tangan kosong, senjata golok dan tongkat, ditambah senjata tambahan dan tentunya harus tunduk terhadap aturan ganda itu sendiri.

  7. Regu
  8. Regu adalah kategori yang menampilkan 3 ( tiga ) orang pesilat dari tim yang sama memperagakan jurus baku regu secara benar, tepat, dan mantap, penuh penjiwaan, dan kompak dengan memperagakan jurus tangan kosong yang tentunya harus tunduk terhadap aturan regu yang berlaku.

Nah itulah ke empat kategori tanding pencak silat yang wajib diketahui jika anda ingin terjun ke jalur prestasi.

Dicukupkan sekian yang dapat Mimin sampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Adapun untuk peraturan pertandingan nya akan Mimin sampaikan di artikel selanjutnya, maka dari itu ikuti terus ya, terimakasih.

0 komentar: